Electronik Drum Arduino Uno

     Dari keinginan mempunyai drum electrik mulailah saya browsing sana sini akhirnya ketemu dengan arduino uno yang digunakan untuk membuat drum elektronik.Mulailah saya belanja apa saja yang dibutuhkan untuk membuat itu serta mengumpulkan software dan referensi - referensinya.Setelah Alat komplit mulailah pengerjaan dengan panduan dari skematik, berikut skematiknya :


     Disini saya hanya menggunakan 12 port yang saya sesuaikan dengan software yang digunakan.Untuk software saya menggunakan FL Studio 10 dan Addictive Drums.Berikut penampakannya



Sedangkan untuk memprogram arduinonya menggunakan arduino-1.0.6-windows yang bisa anda download di situs resminya.Untuk sementara saya menggunakan PCB lubang untuk merakitnya sebelum membuat PCBnya.Untuk nilai resistor pada skema adalah 1 Mega Ohm dan untuk diodanya adalah Dioda Zener 5V1 ( 5,1 Volt )Berikut penampakan alatnya


 






 Untuk hadware yang lainnya masih dalam pengerjaan ( pad drumnya ).Untuk sketch arduinonya bisa anda download di sini.Untuk hasil yang maksimal silakan anda kreasikan dan modif sendiri.Bagi yang kesulitan mendapatkan arduino uno di IMAM TECH INNOVATION tersedia .Demikian Electronik Drum menggunakan arduino uno yang saya buat semoga bermanfaat.

138 comments:

  1. numpang tanya..kalau pakai FPC dari fruty loop juga bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini kami belum pernah mencoba menggunakan FPC,yang sudah pernah kami coba menggunakan EZ Drummer , BFD 2.Tetapi kemungkinan bisa

      Delete
    2. mas kalow saya pesen yg udh kit berapa kira2 harganya,terimakasih :)

      Delete
  2. mas jual kitnya lengkap ga?? arduino sama piezonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang iman untuk satu set arduino sama piezo nya berapa yah ?? ada no yang busa di hubungi ?

      Delete
    2. Klo pesan yg udah jadi modulx bisa gan?

      Delete
    3. Harga modul yg sdh jdi brp?
      W.oblilamr@gmail.com

      Delete
    4. Harga modul yg sdh jdi brp?
      W.oblilamr@gmail.com

      Delete
    5. mas ini bisa buat studio one mas?

      Delete
  3. om saya mau beli ardo uno gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hubungi contact kami melaui telp,email,bbm

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. mau tanya mas, saya bikin sesuai dengan skema dan sketch diatas. setelah saya coba piezo saya pukul keras malah bunyi semua gak beraturan,kalau di pukul pelan sebagian bunyi. yg salah dimananya ya? mungkin juga bisa memberikan solusi untuk kalibrasi tiap piezo agar sesuai dengan snare,tom,splash,dll kebetulan saya menggunakan EZdrummer.. mohon bantuannya ya mas.. trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganangmilcy89@gmail.com
      terima kasih sebelumnya... :)

      Delete
    2. maaf mas, saya seperti itu juga, bunyi tidak beraturan. nh email saya imammeliawan12@gmail.com

      Delete
    3. ia mas, saya juga mas. minta tolong solusinya y mas. trus kalau pakai ez drum g mn y mas, dhiedhievtryn@gmail.com... thanks banget mas.

      Delete
    4. Masalah yang sama mas. Tolong dibantu ya... Email saya Mukhlissujarwadi@gmail.com

      Delete
  5. kang kenapa ya sya kalo di pencet suara keluar nya dobel ...
    mohon di bantu
    alamat email
    vickyanaksong2@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek emailnya ,sudah kami kasih solusinya semoga bermanfaat

      Delete
  6. kang kalo diode zenernya pake yang 5.6 volt bisa gak? Kalo misalnya harus pake 5.1 pake yang berapa watt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami belum pernah coba pakai yang 5.6volt,kami sarankan pakai yang 5.1volt saja kalau wattnya setengah watt saja.

      Delete
    2. kalo pake yang 1/4 watt bisa apa engga?

      Delete
    3. oke terima kasih ilmunya pak..

      Delete
    4. Bang numpang nanyak, ini suara nga beraturan di dtx sya solusi'y gmna ya?

      Delete
  7. ini kok hasilnya satu piezo bisa bunyinya macam2 ya pak? (ga beraturan)
    mohon solusinya,
    ini email saya
    imnd11@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bagian input yang tidak dipkai di groundkan

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Permisi, mas sektch buat ezdrummer ada? Share dong mas 😁😁 terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. share dong mas, ane mau buat sketch nya kagak bisa ni. ada link atau email nya mas?

      Delete
    2. imamriri@gmail.com dan reyrierie@yahoo.com atau 085649628649 contact kami

      Delete
    3. maaf mas.. mo tanya , cara memasukkan sketchnya gimana ya, makasih

      Delete
  9. Mas sy mau beli arduinonya nomer yg mana sy bisa hubungin ya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. imamriri@gmail.com dan reyrierie@yahoo.com atau 085649628649 contact kami

      Delete
  10. Mas, saya asal dari Sabah Malaysia... bole minta bantuan tentang sketch? Saya punya arduino uno, tapi cuma punya 6 piezo. Bole tak bantu bagaimana utk membuat sketch utk 6 piezo saja...? Saya terlalu baru dalam bidang ni... TERIMA KASIH BANYAK BANYAK MAS...

    ReplyDelete
  11. mas saya cdoel dari krw....mohon bantuan nya mass.
    saya dah bikin namun saya pake native instrument battery 3 .... tolong dibikinin sket nya mass supaya chanel tetap notepad berubah tiap piezo. trimakasih sebelumnya . email saya : cdoel_bnd@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Mas sketch pada arduino uno itu untuk apanya, apa sinkronisasi dengan pc nya,,,?

    ReplyDelete
  13. Cara agar konek ke addictive drumsNya gmn ya mas?

    ReplyDelete
  14. gan klo mau beli lengkap arduino sama piezo berapa? terus cara beli nya gimana? Email: yeremiayuliyanto40@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Hub Contact Kami
      Telp.085649628649
      Pin BB :54324A05
      Email : reyrierie@yahoo.com
      imamriri@gmail.com

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mau pesen arduino drum nya... dimana contact nya gan... fast respon gan.. 08979184105

      Delete
    2. Bisa Hub Contact Kami
      Telp.085649628649
      Pin BB :54324A05
      Email : reyrierie@yahoo.com
      imamriri@gmail.com

      Delete
  16. Assalamualaikum..
    mas imam saya mau nanya, yg saya baca mas nya menggunakan uno..
    naah,kebetulan saya menggunakan arduino mega, kira" bisa gak di jadiin buat drum gt??
    dan saya hanya menggunakan laptop dengan xp mas.
    mohon pencerahannya.
    email : nanangwahyuditan@gmail.com
    regard :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam....
      Bisa menggunakan arduino mega tetapi codingnya beda,kalau menggunakan laptop xp asalkan specnya terpenuhi bisa

      Delete
  17. Assalamualaikum .

    Kang imam . saya dah ikutin langkah nya seperti tutorial di atas . tp masalah nya:

    misalkan saya hit piezo nya pelan( low velocity hit) sebanyak 5x hit, hasil nya outputnya 5x hit tadi diantara nya ada yg outputnya keras (high velocity hit/hard hit) itu biasa nya knp ya kang? saya pake resistor/zener sama persis sama yg di atas,

    jdi kesimpulannya piezo yg saya hit kurang akurat . jadi di hit keras kadang outputnya kecil banget bgitupun sbalik nya , kdang juga akurat sedikit ..

    Biasanya itu masalah nya karna apa ya ?
    mgkn kang imam bisa kasih solusi n tips nya .Trima kasih banyak

    email : yogarisnandar5@gmail.com

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. hallo kang imam permasalahan saya sama dengan teman2 diatas yaitu saat pukul piezonya pada bunyi semua, mohon pencerahan kang,thanks. yantbona@gmail.com

    ReplyDelete
  20. saya pun sama permasalahannya pakai software ezdrummer .klw di ketuk dobel yg bunyi.mohon solusinya mas
    wawan.darmawan79@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk ez drummer beda codingnya jadi otomatis ada yg dobel

      Delete
    2. pakai addictive drums klw saya ketuk kuat 2 juga suaranya yang bunyi.
      mohon mas pencerahannya

      Delete
    3. Suara dobel 2 kemungkinan juga ada yang hubung singkat dengan input sebelah atau juga input yang tidak dipakai belum di gnd kan

      Delete
  21. mas, boleh gak saya minta Sketch nya untuk EZdremmer

    ReplyDelete
  22. Silahkan hubungi kontak kami untuk mengetahui informasinya

    ReplyDelete
  23. mas kalau udah coba cara diatas kok blm berhasil, coding nya ketika di upload muncul tulisan exit status 1 redefinition of 'void setup' email adijayamkr@gmail.com
    minta bantuannya dong saya pakai addictive drums 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat coding di upload pastikan portnya benar dan boardnya pada software Arduino serta pastikan juga tidak ada program lain yang jalan menggunakan port arduino semisal hairless midi serial

      Delete
  24. pusing saya mas,kurang lengkap klw tidak ada hi hat control nya
    ada gak solusinya mas.

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. Bisa Hub Contact Kami
      Telp.085649628649
      Pin BB :54324A05
      Email : reyrierie@yahoo.com
      imamriri@gmail.com

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. mas klo untuk pembuatan pada open close hit hat menggunakan switc bisa gak??tanpa menggunakan piezzo..cz klo pke piezzo agak ribet pembuatannya..thank

    ReplyDelete
  28. gan... kok nyala semua ya...
    bisa bantu tutornya gan, email ane
    nabilafauztin@gmail.com
    makasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  29. Gan, gimana cara ngeGNDin input yg gak ke pake, maaf saya newbie bgt

    ReplyDelete
  30. Gan,berapa harga modul yg sdh siap pake?
    W.oblilamr@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Gan mau beli arduino nya yang udah jadi modul ya, ane udah add pin bb ente belom di confirm tuh. Mohon di confirm ya gan terima kasih

    ReplyDelete
  32. after assembling the circuit, I have to download a driver or work are when connected via USB? and if so, where I download the driver. Thank you

    ReplyDelete
  33. permisi mas imam, numpang tanya. saya juga coba membuat drum elektrik dan sketch dari mas imam, tp pada saat dicoba ke addictive drums ada channel yg suaranya kembar. mohon petunjuknya mas bagaimana mengatur letak kit pada sketch adruinonya agar tidak sama dg channel lainnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sinkronisasi arduino ke pc/laptop bagaimana .. ?? .. thanks..

      Delete
  34. berapA harga, 1 setnya mas
    adheebetter@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa contact 085649628649 email : imamriri@gmail.com

      Delete
  35. cara buat open cloce hihatnya gimna gan???
    rahmad.alhidayat70@gmail.com

    ReplyDelete
  36. cara buat open cloce hihatnya gimna gan???
    rahmad.alhidayat70@gmail.com

    ReplyDelete
  37. Assalamuallaikum Pak Imam, klo pake arduino pro mini bisa? terus klo pake EZDrummer bisa ga Pak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menggunakan Pro Mini Belum saya pelajari lebih lanjut,kalau pakai EZDrummer bisa

      Delete
  38. Mau tanya, itu brp chanel ya gan?

    ReplyDelete
  39. Mau tanya, itu brp chanel ya gan?

    ReplyDelete
  40. Mas saya mau bertanya, cara mengkonfigurasi FL Studio dengan software aarduino bagaimana ya mas?
    terimakasih

    ReplyDelete
  41. Gimana ya cara setting fl studio dan ezdrummer supaya bisa di control arduino..saya sudah membuat rangkaian seperti di atas.dan yg di pakai software apa saja?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  42. mas sy bolh minta solusinya juga ga...?
    masalah sy misal piezo 1 dipukul yg bunyi piezo 1 dn 2...kalo piezo 2 yg dipukul g ada reaksinya.....
    sy sdh tuker posisi piezo 1 dan 2 tpi tetap yg bunyi yg kalo dipukul piezo 1 yg bunyi 1 dan 2,kalo 2 dipukul tidak ada reaksinya....
    mohon solusinya ato kalo bisa bagi sketch arduinonya mas...ini email sy badonk46@gmail.com

    ReplyDelete
  43. Mas,, itu piezzonya kalo dpkul 1 koq bunyi smua knpa?,, analog sisanya pdhl udah sya groundkn tpi tetep..

    thoriqalhaqi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah ngalamin kayak gtu mas, kalo yg bunyi semua pas dipukul itu karna positif di salah satu piezo sy ada yg lepas mas....

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. bagaimana punya yang sudah order

    ReplyDelete
  46. Mas punya saya bunyi nya tidak beraturan mas... padahal chanel yg tidak saya pakai sudah di ground kan mas...mohon solusi nya mas... ibnurayid@gmail.com

    ReplyDelete
  47. kang kenapa ya saya kalo di pencet suara keluar nya dobel ...
    mohon di bantu
    alamat email
    dede.permana@gmail.com

    ReplyDelete
  48. mas saya idrus lumajang jatim ada problem apabila piezo 1 dipukul yg bunyi piezo 1 dn 2...kalo piezo 2 yg dipukul g ada reaksinya.....
    sy sdh tuker posisi piezo 1 dan 2 tpi tetap yg bunyi yg kalo dipukul piezo 1 yg bunyi 1 dan 2,kalo 2 dipukul tidak ada reaksinya....
    mohon solusinya ato kalo bisa bagi sketch arduinonya dan bagaimana
    cara mengkonfigurasi FL Studio dengan software arduino untuk email saya hekhok_2014@yahoo.com

    ReplyDelete
  49. Maaf Lama tidak online,untuk Menjawab semuanya sketch diatas sesuaikan mapnya untuk masing - masing software contoh adictive drum keymapnya juga sesuaikan dengan adictive drum ,ez drummer dan bfd 2 juga begitu.Dan kalau untuk masalah dipukul dobel pastikan semua penjaluran benar dan perkabelan standart serta ground kan input piezo yang tidak digunakan supaya tidak ada cross talk.Demikian Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. permisi tanya mas ada skecth yang buat ezdrummer gk? Email saya chandraajijkz3@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  52. Ada tutorial untuk memprogram adruino nya mas?

    ReplyDelete
  53. gan klo pakai software garageband bisa ga?..

    ReplyDelete
  54. Mas sy bikin seperti sketh di atas tp beguti piezo di pukulbyg bunyi banyak banget tlng minta solusinya
    Imel saya
    anonarno@gmail.com
    Trims ..

    ReplyDelete
  55. untuk Hihat cara sambungnya gimana mas....sy sambung ke pin 9-10 yg keluar suara bass

    ReplyDelete
  56. Hello saya mahu tanya mcm mana nak connect adruino port dgn addictive drum 2 supaya bila ketuk peizo sensor punya drum keluar dari addictive drum itu . Asap

    ReplyDelete
  57. Mas boleh minta kode programnya ndak untuk skema yg diatas.. Bila berkenan mohon dibalas di dencahprib@gmail.com
    Trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  58. sketchnya untuk dipake ke ezdrummer2 ada gak mas

    ReplyDelete
  59. Kalo pc dilepas, modul dram masih aktif ga?

    ReplyDelete
  60. Your post are very useful, thanks fro sharing.
    We are provided a good data it is very useful view more details.

    ReplyDelete
  61. https://youtu.be/j97PO5rEzAg liat juga mas udh seperti yg diatas :)

    ReplyDelete
  62. Mas bro..saya udah coba buat sesuai dngn skema.udah berhasil di upload ke arduino.saya memakai arduino uno yg SMD. software fl studio 12 dan addictive drum 1.5.3.kenapa pas piezo di pukul bunyi smua di addictive drumnya ya?kira2 salah di mana.mohon solusinya..

    terima kasih

    ruswonoardi@gmail.com

    ReplyDelete
  63. Maaf mas..saya eno dr purbalingga..sya pake ez drum..pke 16 chanel..tp kok masih trobel..tolong bantuannya
    E-mail: enoexis@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  64. mas saya mau tanya mas kenapa yah punya saya kok bunyi semua saat di pukul
    kharizafazari@gmail.com

    ReplyDelete
  65. maaf kang mau tanya, saya bikin sesuai dengan skema dan sketch diatas. setelah saya coba piezo saya pukul keras malah bunyi semua gak beraturan,kalau di pukul pelan sebagian bunyi. yg salah dimananya ya? mungkin juga bisa memberikan solusi untuk kalibrasi tiap piezo agar sesuai dengan snare,tom,splash,dll kebetulan saya menggunakan addictive drum.. mohon bantuannya ya kang ke email ini wahyudin.whu@gmail.com trims sebelumnya

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum mas imam
    Mudah mudahan masih aktif ya.
    Saya mau tanya
    Ketika di pukul suara yang keluar lambat.

    Pake arduino mega.
    Sayapake nuendo dan ezdrumer

    Saya coba pake frutyloop juga sama

    Apa penyebabnya.
    Mohon bantuannya.

    Terimakasih
    yuliandibudhi@gmail.com

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. bng saya kesulitan instal modulnya saya udah konekkan modul arduinonya dan tcrt hihat kok gak bunyi2 bisa dibantu bng? saya kmren beli arduionya punya abag kmren di bukalapak.

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum...permasalahan dari teman teman terjadi juga ke saya mas...mohon solusinya
    Mohon Sket yang udah di refisinya...Email : andreprayudha@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Permasalahan saya sama dengan yg di atas piezo di pukul sound gak beraturan mohon solusinya email: chaniago.one@gmail.com

    ReplyDelete
  71. Boss saya menemui kendala saat di konekan ke fl studio pake ez drums. Di pukul 1 piezo tapi yang bunyi semua. Gimana itu solusinya. Thanks... Tolong solusinya ke email saya gan. Andriebolank@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Mas itu sketch cuman buat 12 port ya. Apa bisa buat 16 port? kalo Boleh minta yg buat 16 port ada mas?
    Email: hendraghani@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Minta sketch yg buat 16 chanel boleh mas?
    Hendraghani@gmail.com

    ReplyDelete
  74. kak masalah mencet satu bunyi dobel gak beraturan itu gimana ya mas, masalah yg lainnya juga ke saya mohon arahannya. by: wiku.distortion09@gmail.com

    ReplyDelete
  75. Om minta solusi untuk mukul satu bunyi dobel atau bunyi semua
    Minta pengarahan'y email: hasanznr202@gmail.com

    ReplyDelete
  76. Om solusinya gimana kalo suara nya gak beraturan ?

    ReplyDelete
  77. mas boleh minta coding 8chanel ez drumer nya ga cornurik@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Mas minta sketc untuk ez drum soalnya saya punya ez drum dan apakah velocytinya aktif ini mas ?
    erilgustian00@gmail.com

    ReplyDelete
  79. om beli sket ama coding nya om, penasaran buat yg 8 chanel gagal terus?
    passtudioo@gmail.com

    ReplyDelete
  80. Mas sket uno dan kodingnya apabila memaki control hihtnya bagai mana yh ms?

    ReplyDelete
  81. Terima kasih banyak bang codenya..

    ReplyDelete
  82. Maaf mas mohon info. Saya sudah rakit pcb dan arduino sesui skema, tapi saya belum mengerti cara ngodingnya/ memprogramnya.
    Bisa ngak bantu saya untuk menyelesaikanya hinga siap pakai untuk modulnya aja.
    Dan sekiranya berapa biayanya.

    ReplyDelete

//